5 Cara Melihat dan Belajar Hal Positif Dari Orang Lain

30
0

Pernahkah Anda bertemu seseorang dan merasa ada hal negatif dalam diri orang tersebut? Di saat lain, pernahkah Anda merasa salah menilai? Hal tersebut tidak baik bukan?

 Daripada terus berpikiran negatif tentang seseorang, mengapa Anda tidak mengambil pelajaran dari mereka? Tak peduli orang tersebut baik atau buruk, seseorang tetap memiliki hal berharga yang bisa dijadikan pelajaran.
Berikut ini 5 cara untuk tetap melihat sisi positif pada orang lain, dan belajar dari mereka. 

1. Mengamati

Belajar mengenai manusia memiliki seninya sendiri. Cara mereka berbicara, berjalan, berdiri, hingga berekspresi dapat mengungkapkan banyak hal tentang orang tersebut secara keseluruhan. Sekarang, belajarlah untuk melihat sifat-sifat positif mereka.

Kerendahan hati, kesopanan, bagaimana mereka beretika, adalah beberapa hal yang dapat Anda pelajari dari orang lain. Mungkin Anda juga memiliki hal-hal tersebut, tapi apa salahnya untuk memiliki sedikit pengetahuan tambahan, bukan?

2. Memisahkan yang baik dari yang buruk

Seseorang tidak sepenuhnya buruk. Dia juga memiliki kelebihan dan kebaikan. Jadi, belajarlah untuk menemukan kebaikan dari keburukan, lalu fokuslah pada semua hal-hal baik tersebut.

3. Mengabaikan aspek lain

Ketika Anda melihat kebaikan orang, kadang Anda juga harus mengabaikan aspek tertentu, seperti halnya kebiasaan buruk. Anda harus tahu bahwa kebiasaan tak dapat merepresentasikan orang itu sesungguhnya. Mungkin terdapat alasan di balik itu, namun penting bagi Anda untuk tak berfokus pada hal tersebut.

4. Jadilah bijaksana

Seringkali, kita menghadapi banyak situasi di mana kita merasa tak punya jalan keluar. Situasi yang sama mungkin muncul ketika Anda belajar dan mencoba menemukan sesuatu dari seseorang. Beberapa orang mungkin cenderung hanya terlihat buruk. Anda tidak bisa menemukan hal baik dari mereka. 

Namun, selalu ada hikmah di balik itu semua. Hitler contohnya. Dia mungkin menjadi contoh orang paling buruk yang pernah ada, tapi bagaimana dengan kemampuan pidatonya? Kualitas kepempimpinannya? Sekarang, cobalah untuk bernegosiasi dengan itu semua. Nilailah orang dengan bijak, dan Anda pasti akan menemukan hal-hal baik yang berharga.

5. Menghargai

Penting halnya untuk Anda selalu berterima kasih terhadap orang untuk semua yang mereka lakukan pada Anda. Mereka mungkin tidak tahu bahwa mereka sudah melakukan hal baik untuk Anda. Namun, tetaplah berterima kasih.

Ketika mereka melihat bahwa Anda berterima kasih, mereka akan sedikit lebih perhatian kepada Anda, meskipun dengan cara mereka masing-masing. Selain itu, Anda juga telah membantu mereka dalam menyingkirkan sisi-sisi buruk dari mereka. 

Manusia bukan malaikat yang selalu baik setiap saat. Selalu ada pelajaran yang bisa diambil dari setiap hal di dunia ini. Jadi, cobalah untuk melihat kebaikan dalam setiap orang, dan belajar dari hal itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *