Wujudkan Generasi Cinta Qur’ani | Khotmil Qur’an & Buka Bersama

51
0
Kegiatan Khatmil Quran - 2

Khatmil berasal dari bahasa arab asal katanya khatm yang berarti membaca hingga akhir atau membaca seluruhnya. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Khatmil Qur’an yang biasanya disebut tamat Al-Qur’an adalah pembacaan Al-Qur’an yang dilakukan mulai awal sampai akhir pada waktu yang bersamaan. Maka bisa disimpulkan bahwa khatmil Qur’an adalah sebuah kegiatan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an dari awal hingga akhir.

MTs Salafiyah Hidayatul Athfal melaksanakan Khatmil Qur’an dimulai dari 6 April 2022 dan penutupan sekaligus buka bersama dilaksanakan pada tanggal 20 April 2022 yang diketuai oleh Ust. Mukhibullah.

Para siswa-siswi, segenap guru, dan staf madrasah, serta tamu undangan sudah  berkumpul di halaman MTs Salafiyah Hidayatul Athfal pada pukul 16:30 WIB. Kemudian pembacaan surah terakhir dalam Al-Qur’an dimulai pada pukul 16:45 WIB yang dipimpin oleh KH. Ahmad Basuni, KH. Aksirudin Akib, dan KH. Ahmad Aspari, dan di sambung dengan do’a khatmil Qur’an, Setelah itu mauidhoh khasanah oleh Romo KH. Maksum Hasbullah sekitar pukul 17:30 WIB.

Bulan Ramadhan adalah sebuah ajang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan membersihkan segala keburukan-keburukan yang telah dilakukan sebelumnya yaitu salahsatunya dengan membaca Al-Qur’an, kenapa Al-Qur’an diutamakan di bulan ramadhan? karena Al-Qur’an dan Puasa Ramadhan tidak bisa dipisahkan. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Romo KH. Maksum Hasbullah bahwasanya “Ibadah Puasa Ramadhan dan Al-Qur’an itu dua jadi satu, karena Al-Qur’an diturunkan pada bulan ramadhan”. Oleh karena itu, beliau berharap agar para siswa-siswi MTs Salafiyah Hidayatul Athfal menjadi generasi yang cinta Al-Qur’an.

Abu Amer, S. Pd. I. (Kepala Madrasah) menyampaikan dengan adanya khotmil Qur’an ini bertujuan mendidik untuk membiasakan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan, karena seringkali selain di luar bulan ramadhan siswa tidak bisa mengkhatamkan Al-Qur’an. Maka dengan datangnya bulan ramadhan diharapkan bisa mengkhatamkan Al-Qur’an minimal 1 kali khatam dalam satu bulan. Beliau juga memberikan strategi agar dalam bulan ramadhan bisa khatam 5 kali, yaitu dengan membaca 1 juz setiap selesai shalat fardhu’.

Mauidhoh khasanah ditutup dengan do’a yang bertepatan dengan berkumandangnya adzan maghrib. Seluruh yang hadir dalam kegiatan itu membatalkan puasa dengan meminum teh hangat yang telah disediakan, kemudian dilanjutkan dengan sholat berjama’ah di halaman MTs Salafiyah Hidayatul Athfal. Setelah sholat maghrib para siswa-siswi berbuka bersama dikelas masing-masing, dan selesai berbuka puasa siswa-siswi dipersilahkan untuk pulang.

Begitulah kegiatan khatmil Qur’an dan buka bersama keluarga besar MTs Salafiyah Hidayatul Athfal. Semoga bisa bermanfaat, mendapatkan keberkahan di bulan Ramadhan, serta menjadi manusia yang baik, lebih baik, dan lebih baik lagi. Apabila ada kesalahan kata maupun kalimat mohon koreksinya, dan jika ada request artikel silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah ini. Terima Kasih.

Referensi : Risa Agustina, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Serba Jaya, tt, hal. 336.

Penulis : Irsyad Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *