MTsS Hidayatul Athfal Menggelar Upacara Peringatan Hari Pramuka

45
0

Pekalongan- Senin pagi 14 Agustus 2023 MTS Salafiyah Banyurip Alit Pekalongan yang  lebih dikenal dengan nama MTS Hifal menggelar upacara dalam rangka memperingati hari pramuka ke-62. Upacara tersebut digelar di halaman madrasah dengan jumlah peserta 673 terdiri dari 619 murid dan 54 guru serta karyawan.

Upacara dalam rangka memeringati hari pramuka berlangsung cukup khidmat dan lancar. Segenap peserta upacara mengenakan seragam pramuka lengkap terkecuali anggota passus yang bertindak sebagai petugas upacara dan anggota PMR. Masing- masing petugas menjalankan perannya dengan cukup baik untuk memastikan seluruh rangkaian upacara berjalan dengan baik. Kegiatan tersebut berlangsung selama 1 jam yaitu dari jam 7 sampai dengan jam 8 pagi. Kegitan dimulai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan naskah pancasila, pembacaan Tri Darma, amanah pembina upacara, pembacaan do’a dan diakhiri dengan menyanyikan Hymne Pramuka oleh kelompok paduan suara MTsS Hifal.

Bapak kepala madrasah Muhammad Jawad S.Pd selaku pembina upacara menyampaikan dalam amanahnya tentang sejarah pramuka Indonesia yang cukup panjang yang pada kesimpulannya pramuka merupakan gabungan organisasi pemuda dari berbagai daerah dan komunitas yang dengan ikhlas melebur dalam satu panduan yaitu Pramuka. Kemudian gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 diawali di Ibu kota Jakarta, diteruskan di kota penting lainnya di Indonesia. Di Jakarta sekitar 10.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta. Sebelum kegiatan pawai/defile, Presiden melantik anggota Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari, di Istana negara, dan menyampaikan anugerah tanda penghargaan dan kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia yang diterimakan kepada Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Peristiwa pada tanggal 14 Agustus tersebut kemudian diperingati senagai HARI PRAMUKA. Informasi tersebut sangat berarti bagi peserta upacara sebagai bekal pengetahuan tentang Pramuka. (Ayu dania dan Nur Alfiani-MTsS Hifal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *