Menciptakan generasi Qur’ani melalui program Tahfidz di MTs S Hidayatul Athfal (Hifal)

30
0

Kota Pekalongan – MTs Salafiyah Hidayatul Athfal merupakan sekolah yang berada di bawah LP Ma’arif NU di Pekalongan yang pertama kali menerapkan kelas unggulan di semua rombel kelas. Implementasi tersebut mengikuti arahan rapat Wilayah Kemenag tentang Kurikulum Merdeka. Rapat koordinasi tersebut menginstruksikan bahwa dalam pelaksanaan kurikulum merdeka tidak ada kelas regular. Artinya semua kelas adalah unggulan. Tidak ada murid yang bodoh, yang ada murid yang mempunyai kelebihan tertentu.
Program unggulan Tahfidz adalah salah satu program unggulan yang ada di MTs S Hifal. Awal mula terdapat program Tahfidz adalah ketika Tahfidz dijadikan topik untuk dibuat Projek P5. Hasil dari P5 tersebut adalah sejumlah 15 anak lolos dalam Tahfidz juz ‘Amma (Juz 30). Peserta P5 Tahfidz adalah anak kelas 7. Kemudian hasil tersebut dilanjutkan di grade selanjutnya (kelas 8). Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 MTs S Hifal kembali mengimplementasikan program unggulan Tahfidz.
Program Tahfidz di tahun 2023 ini terdapat dua rombel di kelas 7 , dan 3 rombel di kelas 8. Dalam satu minggunya, terdapat 5 jam khusus untuk pendalaman program unggulan Tahfidz. Jam unggulan tersebut difokuskan untuk ziyadah (setoran), muroja’ah (mengulang setoran) dan teori Tajwid dan Tilawah. Pada kelas tersebut diterapkan pembelajaran fun learning. Misalnya muroja’ah semut dan muroja’ah sambil bermain.
Bagi anak yang telah menyelesaikan target hafalan, diwajibkan untuk program terminalan. Sebagai contoh apabila anak telah dapat menyeleaikan hafalan Surat Yasin ayat 1 – 83, maka anak tersebut mengulang kembali hafalan surat Yasin yang disetorkan pada Koordinator Tahfidz atau hafalan di depan teman-teman nya. Setiap grade terdapat target pencapaian yang berbeda-beda. Pelaksanaannya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai arahan dalam kurikulum merdeka. Artinya bagi anak yang telah dapat menyelesaikan juz 30 (juz ‘Amma) wajib dilanjutkan pada surat-surat pilihan.
Melalui program Unggulan Tahfidz berarti madrasah berhasil menjalankan misi Hifal yang berbunyi “Menciptakan generasi Qur’ani melalui program Tahfidz dan baca kitab”. Semoga program yang dicanangkan membuahkan hasil yang maksimal. Tentunya harus ada kerjasama yang sinergis antara murid (anak), guru, dan orang tua untuk menjalankan program-programnya (Red : RML)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *